Advertising

Rabu, 09 Maret 2011

Segarkan Ruangan Anda Dengan Aquarium Aquascaping



Apakah anda adalah seseorang yang hobi memelihara ikan hias di dalam akuarium? Punya aquarium kosong dan berencana menghias akuarium anda dengan tanaman-tanaman plastik dan minatur kincir angin + jembatannya atau aerator yang berbentuk kerang yang bisa membuka dan menutup? Kalau begitu anda perlu membaca artikel berikut ini, dijamin anda pasti tercengang dan tertarik untuk mencobanya.




Aquascaping, mungkin bagi beberapa dari kita istilah ini tergolong baru. Aquascaping adalah seni menata sebuah akuarium dengan berbagai macam tanaman air, batu-batuan, dan kayu-kayu yang ditata secara estetis sehingga menyerupai habitat yang ada di alam. Dengan kata lain aquascaping adalah berkebun di dalam air. Namun Aquascaping tidak melulu menata dan mendesain suatu ekosistem buatan yang menyerupai aslinya. Namun dalam aquascaping perlu diperhatikan banyak hal makro maupun mikro seperti jumlah zat-zat kimia yang terkandung di dalam air harus benar-benar terukur dan dapat menyokong kehidupan yang ada di dalamnya.

Selain tanaman air, ikan adalah salah satu dari beberapa hewan air yang biasanya dimasukan kedalam aquarium Aquascaping. Hewan lain yang umum ada di dalam aquarium aquascape antara lain bekicot dan udang sebagai penyeimbang di dalam aquarium.

Miniatur pohon yang terbuat dari Driftwood + Java Moss, benar-benar ide yang menarik.


Tujuan utama dari aquascaping itu sendiri adalah untuk menciptakan sebuah "landscape yang dapat dinikmati". Namun untuk dapat menjadi "landscape yang dapat dinikmati", maintenance dari aquarium itu sendiri harus diperhatikan. Dalam langkah-langkah memaintenace aquarium aquascaping ada hal yang perlu diperhatikan seperti; nutrisi tanaman, kadar Co2 dalam air, algae yang sering muncul, cahaya, sampai dengan suhu air. Semua aspek itu memiliki peran penting dalam terbentuknya suatu ekosistem aquarium yang baik.

Sangat kompleksnya hobi ini membuat aquascaping menjadi hobi yang bisa terbilang mahal. Namun semua peralatan yang digunakan dalam aquascaping dapat dibuat sendiri / DIY (Do It Yourself) dari barang-barang bekas seperti botol aqua kosong yang diisi dengan cairan gula + yeast (ragi) sebagai CO2 generator. Tidak sedikit hobiist yang dapat menghasilkan aquarium aquascaping 'gacoan' meskipun menggunakan peralatan DIY.

Apabila anda merasa percaya diri dengan aquarium hasil settingan anda, maka anda bisa mengikuti kontesnya di tingkat internasional yaitu AGA. Setiap tahunnya diadakan kontes aquarium aquascaping tingkat dunia dimana para pesertanya dapat memamerkan aquarium aquascaping hasil settingan mereka. Anda bisa melihat entrynya disini.

Fresh vegetable... ^ ^





Neon Tetra, ikan yang umumnya digunakan di aquarium aquascaping




Simple tapi tetap menyegarkan




Penghuninya pada kemana ya??


Bagaimana menurut anda? Bagus kan? Bayangkan seandainya di ruangan anda terdapat aquarium aquascaping seperti gambar-gambar diatas, pasti suasananya jadi lebih sejuk dan segar. Berminat untuk mencoba??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar