Advertising

Kamis, 17 Maret 2011

Mesin Yang Bisa Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar

Tahukah anda bahwa persediaan minyak mentah di dunia ini sudah semakin menipis. Seperti yang kita tahu bahwa kita menggantungkan diri kepada minyak sebagai sumber energi yang utama. Minyak sangat mempengaruhi perekonomian dunia saat ini, bahkan harga segala sesuatunya dipatok menurut harga minyak mentah dunia. Bayangkan apabila minyak yang tersimpan di bumi sudah habis seluruhnya. Energi apakah yang dapat menggantikannya? Mungkin solusinya banyak, seperti energi listrik, sinar matahari, nuklir, dan lain sebagainya. Namun teknologi terbaru memungkinkan kita untuk mengolah sampah plastik untuk dijadikan minyak. Bagaimanakah caranya?



Akinori Ito adalah penemu Mesin yang dapat merubah sampah plastik menjadi minyak menggunakan pemanas yang bertenagakan listrik. Akinori mengatakan, plastik adalah salah satu produk yang berbahan dasarkan minyak. Kurang lebih 7% dari keseluruhan produksi minyak digunakan untuk pembuatan plastik. Jadi apabila plastik itu terbuat dari minyak, maka tidak tertutup kemungkinan untuk mengubahnya kembali menjadi minyak.

Mesin yang diciptakan oleh Akinori memproses polyethylene, polystyrene and polypropylene menjadi bahan bakar yang dapat digunakan untuk menyalakan kompor, mobil bahkan kapal. 1 kilogram plastik dapat menghasilkan 1 liter bahan bakar. Untuk memproses 1 kilogram plastik dibutuhkan listrik sebesar 1 kilowatt dengan perkiraan biaya kurang lebih 20 cent atau kira-kira 2000 rupiah. Bandingkan dengan harga minyak tanah di Indonesia yang kira-kira mencapai 7000 - 8000 rupiah. Suatu penghematan yang luar biasa.

Apabila kita membakar plastik maka akan menghasilkan CO2 dalam jumlah banyak yang dapat membahayakan lapisan ozon. Bahkan dikatakan bahwa bahan bakar yang dihasilkan dari produk plastik ini mampu mengurangi emisi gas buang menjadi 80%. Oleh karena itu daripada sampah plastik dibuang dan dibakar, sampah plastik dapat didaur ulang menjadi produk yang lebih berharga. 

Mesin pengubah plastik menjadi minyak ini sudah diproduksi secara masal di Jepang. Ada kurang lebih 60 unit yang tersebar di pertanian, tempat-tempat penangkapan ikan dan di pabrik-pabrik kecil. 1 unit mesin ini dihargai ¥950,000 (US $9,500). Ada yang berminat untuk membelinya?? ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar