Advertising

Senin, 21 Maret 2011

Lebah Dapat Mengenali Dan Mengingat Wajah Manusia


Buat yang suka gangguin lebah atau yang di rumahnya ada sarang lebah harap berhati-hati... ^ ^ Menurut penelitian, sama halnya dengan manusia, lebah menggunakan teknik membeda-bedakan bagian dari wajah (mata hidung, mulut, dsb) menjadi pola yang mudah dikenali. Proses inilah yang membuat lebah dapat membedakan dan mengenali wajah manusia yang satu dengan yang lainnya.





Seandainya suatu saat anda melihat lebah yang terbang di dekat wajah anda sambil menatap anda, pikirkan ribuan kali untuk mengusirnya apalagi memukulnya. Karena bisa saja lebah tersebut sudah mengenali wajah anda dan berniat untuk balas dendam dengan membawa sepasukan lebah pekerja yang siap untuk menyengat anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Martin Giurfa University of Toulouse mendapatkan sebuah fakta bahwa lebah dapat mengenali wajah manusia. Penelitian tersebut menggunakan gambar wajah sebagai alatnya. Pada percobaan tersebut, seorang artis telah diminta untuk menggambarkan 2 wajah yang berbeda. Di depan gambar pertama diletakkan sebuah cawan berisi air gula dan pada gambar kedua diletakkan cawan berisi air biasa. Tentu saja lebah akan terus mendatangi wajah yang didepannya terdapat air gula meskipun terkadang ada lebah yang datang ke wajah yang didepannya ada air biasa.

Namun setelah beberapa jam, lebah-lebah tersebut dapat membedakan mana wajah yang menyediakan air gula dan mana yang tidak. Tingkat keakuratannya sebesar 75 %. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan asal Australia,Adrian Dyer juga menemukan hasil yang serupa. Hanya saja bedanya pada penelitian Dyer apabila si lebah salah memilih akan diberikan hukuman. Bukan hanya air biasa yang diletakkan di depan gambar wajah, melainkan air yang diberi perasa yang pahit.

Penelitian tersebut berkembang lagi dan ditemukan fakta bahwa lebah dapat mengenali wajah manusia dari berbagai sudut.

Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan software pengenal wajah. Mengingat otak lebah hanya memiliki jumlah neuron 1% dari otak manusia yaitu sekitar 1 juta neuron. Tetapi terbukti dengan otak sekecil itu, lebah memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi.

1 komentar:

  1. Wah memang dari dulu lebah terkenal sebagai binatang yang pintar ya

    BalasHapus