Advertising

Minggu, 06 Maret 2011

Stress Dan Tips-Tips Pencegahannya

Merasa stress dengan berbagai macam kesibukan sehari-hari anda?? Saya yakin pasti semua orang mengalaminya, stress karena tekanan pekerjaan, masalah rumah tangga, pendidikan, masalah hubungan sosial dengan sesama dan masih banyak penyebab stress lainnya. Sebenarnya stress itu makanan apa sih???

Menurut Kozier (1989) Stress adalah segala sesuatu yang member dampak secara total terhadap individu meliputi fisik,emosi,social,spiritual.
Menurut Soeharto Heerdjan (1987)
Stress adalah suatu kekuatan yang mendesak atau mencekam yang menimbulkan suatu ketegangan dalam diri seseorang.
Menurut Vincent Cornelli, Stress adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan dan tuntunan kehidupan,yang dipengaruhi oleh lingkungan maupun penampilan individu didalam lingkungan tersebut.

Menurut Saya (2011) Stress adalah sesuatu yang harus dicari jalan keluarnya. Seperti apa sajakah langkah-langkah mengatasi stress??




Sebelum kita mencari jalan keluar dalam menghadapi stress, terlebih dahulu kita harus mengetahui berbagai macam penyebab dari stress. Stress dapat muncul karena banyak sebab mulai dari masalah ekonomi, masalah cinta, masalah keluarga, masalah pekerjaan, masalah harga diri, masalah fisik, masalah pergaulan dan banyak lagi lainnya. Gejala-gejala orang yang stress biasanya mudah tersinggung, sensitif, gugup, agresif, emosi labil, sedih, emosional, dan lain sebagainya.



Oke, sudah cukup teorinya, sekarang saya akan berikan beberapa tips alternatif refreshing untuk menghilangkan stress anda.

  1. Istirahat. Apapaun kegiatan/pekerjaan anda yang menyebabkan stress sebaiknya dihentikan sementara waktu. Misalnya; apabila anda stress karena pekerjaan anda di kantor terlalu memeras pikiran dan tenaga anda, maka anda bisa minta ijin / cuti kepada atasan anda selama beberapa hari (sesuaikan dengan jadwal & intensitas pekerjaan anda). Dengan demikian anda dapat mengistirahatkan pikiran dan tubuh anda.
  2. Berliburlah. Yang saya maksud berlibur bukan hanya meminta cuti dari kantor / kegiatan lainnya dan diam saja di rumah. Namun lakukanlah hal-hal diluar ruangan seperti mengunjungi suatu tempat yang menurut anda bisa menenangkan pikiran anda. Tidak perlu liburan dengan planning berbulan-bulan dan budget yang besar. Banyak fasilitas-fasilitas yang bisa anda kunjungi seperti taman kota ataupun mall-mall. Kalau anda bukan orang yang suka dengan hal-hal seperti itu setidaknya anda bisa keluar dan mengunjungi keluarga ataupun teman-teman anda atau anda bisa saja hanya sekedar berbelanja di supermarket terdekat dan masih banyak lagi tergantung gaya hidup anda.
  3. Berolah raga. Sediakan waktu setidaknya seminggu sekali disela-sela kesibukan anda untuk berolah raga. Berolah raga terbukti menurunkan kadar stress seseorang ke tingkat yang terendah. Dengan berolahraga peredaran darah menjadi lancar dan fungsi-fungsi tubuh kembali menjadi normal. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kepribadian anda (asal jangan olahraga catur ya, bisa tambah stress... ^ ^) dan jangan terlalu forsir/memaksakan tubuh anda sampai batas maksimal. Olahraga lah sesuai dengan kebutuhan (baca: secukupnya).
  4. Hobi. Pertanyaan yang simple, apakah hobi anda? Kalau anda merasa tidak punya hobi (kebangetan deh... XD) maka anda harus diperiksakan (Loh!!). Pasti kita semua punya hobi, apapun hobi anda. Sediakan waktu yang proporsional untuk melakukan hobi anda. Saya pribadi mencatat ada kurang lebih 19.539.048.840 (baca: banyak sekali) hobi yang bisa anda lakukan. Contoh; memancing, jalan-jalan, bersepeda, moge (motor gede), outbound, wisata kuliner, nguntit, godain cewek, judi, mab.... EITSS EITSS!! STOP! Yang positif saja ya, tinggalkan hobi-hobi yang menurut anda tidak baik dan merusak diri anda. Ingat hobi kita adalah obat utama untuk menyembuhkan stress.
  5. Mendengarkan musik. Menurut penelitian di University of Sussex, bekerja sambil mendengarkan  musik dapat menurunkan tingkat stress seseorang hingga 61 persen. Cara yang sangat efektif untuk membuat suasana bekerja anda menjadi lebih relax. Dengan demikian dapat membuat kita dapat bekerja dengan lebih baik dan penuh konsentrasi.
  6. Bermain game. Tidak ada seorangpun yang tidak suka bermain game. Game memberikan efek relaksasi setelah menjalani aktifitas sehari-hari yang membosankan. Walaupun menurut penelitian, bermain game hanya menurunkan stress hingga 21%, namun tidak ada salahnya dicoba karena untuk sebagian orang yang hobi bermain game (termasuk saya) cara ini terbukti sangat efektif dalam mengurangi stress. Tetapi hati-hati jangan sampai terbawa oleh efek 'addicted' dari sebuah game karena bisa berbahaya... ^ ^
  7. Tidur. Pada saat kita tidur, kita tidak hanya mengistirahatkan tubuh tetapi juga pikiran kita. Pada saat tidur otot-otot di tubuh kita yang tadinya tegang karena stress dapat menjadi normal kembali. Tekanan darah yang tadinya tinggi karena stress dapat berkurang karena pada waktu tidur jantung kita bergerak lebih lambat. Tapi ingat, tidurlah pada tempatnya, jangan tidur di kantor pas jam kerja ya... ^ ^

Anda perlu mencoba yang satu ini, dijamin stress hilang... ^ ^
    Tentu saja tips-tips ini adalah versi saya sendiri.... ^ ^ Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba kan? Apabila stress masih berlanjut hubungi psikiater and... ^ ^

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar